6 Tips Pindah Rumah Paling Aman dan Nyaman

Salah satu langkah penting yang tidak mungkin dilewati saat hendak pindah rumah adalah proses pengepakan/ packing. Seringkali, kewalahan dan kalang kabut pun terjadi saat tengah melakukan packing; barang-barang yang akan dikemas, dibuang, dan disumbangkan atau diberi kepada orang lain pun menjadi campur aduk.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memiliki rencana packing yang terorganisir dan efisien karena hal ini bukan hanya membantu anda saat melakukan pengemasan, namun juga memudahkan proses memuat dan membongkar barang-barang dengan cepat dan lancar saat tiba di destinasi pindahan.

1. Pisahkan unit yang bersifat rapuh/ fragile dari barang yang berat

Hindari mengepak unit-unit yang bersifat rapuh seperti unit yang terbuat dari kaca dan mudah pecah dengan barang-barang yang berat seperti barang berbahan logam, aluminium, besi, dan kayu. Anda juga dianjurkan untuk menggunakan bubble wrap untuk membungkus unit yang rapuh agar barang tidak pecah/ rusak saat di perjalanan atau diangkut.

Kotak/ box berisi barang yang mudah pecah & rapuh (Jangan dibanting)
Source: onlineshop-misscha.com

2. Beri label warna pada jenis-jenis barang berbeda

Salah satu tips cepat dan ampuh saat packing adalah memberi label warna pada barang-barang anda. Contohnya, beri label warna biru untuk keperluan dapur seperti oven, panci, piring, cangkir; warna kuning untuk barang-barang di ruang tamu, dan sebagainya. Dengan melakukan tips ini, anda dapat mengidentifikasi setiap kotak atau box dengan mudah, dan anda dapat memuat dan membongkar barang pindahan lebih cepat dan efisien.

label dengan selotip warna-warni untuk barang-barang saat pindah rumah

3. Kemas baju dan keperluan untuk 2 minggu

Setelah mengepak seluruh barang-barang di rumah, anda disarankan untuk mengemas baju dan keperluan pribadi untuk 2 minggu secara terpisah. Daripada harus membongkar kembali barang-barang yang sudah dikemas dengan rapi, susun baju, perlengkapan mandi, dan keperluan pribadi anda di koper lain – Ingatkan anggota keluarga anda untuk melakukannya juga!

Packing baju dan perlengkapan selama 2 minggu untuk berjaga-jaga

4. Packing ‘keperluan mendesak’ atau emergency kit

Kotak atau box ini berisi barang-barang yang akan digunakan beberapa hari sebelum dan setelah pindah rumah. Misalnya tisu, kain lap, bahan pembersih, beberapa peralatan makan sehari-hari, cangkir, dan lain-lain. Tips ini dapat memudahkan anda saat tiba di rumah baru. (Anda tidak harus mengorek dan membongkar tumpukan kotak-kotak demi sebuah tisu gulung atau sebuah cangkir)

keperluan mendesak atau emergency kit saat pindah rumah

5. Gunakan kantong sampah sebagai wadah barang-barang yang akan dibuang

Untuk mencegah barang terbuang secara tidak sengaja dan kesalahan lainnya saat packing, anda dianjurkan untuk mengumpulkan unit-unit yang akan dibuang ke dalam kantong sampah berwarna hitam. Dengan ini, anda dapat membedakan secara jelas mana barang yang akan dikemas dan dimasukkan ke dalam kotak, dan mana yang tidak akan dibawa lagi ke rumah baru.

Gunakan kantong sampah berwarna hitam untuk memisahkan barang-barang saat pindah rumah

6. Gunakan Jasa Pindahan

Tidak dapat dipungkiri, proses pindah rumah memang melelahkan. Jika anda membutuhkan bantuan untuk pemindahan rumah, apartemen , kos maupun kantor  mover.co.id siap membantu anda. Anda dapat melakukan sewa truk & sewa mobil box untuk memfasilitasi proses pindahan. PT. Medan Packing Mover menawarkan jasa pindahan dalam dan luar kota. Jadi, kemanapun anda akan pindah, kami siap melayani.

 

Time 2 Move . Moving Made Easy