Loading...

M-Group akan memberitahukan kepada Customer untuk Penjualan apabila terdapat permasalahan pengiriman dan atau jika terjadi claim atas barang kiriman, baik hilang  atau  barang kurang dari jumlah yang dikirim kepada Agen Penjualan. Agen Penjualan akan menginformasikan perihal kehilangan tersebut kepada pengirim barang sehingga dapat ditanggulangi secara cepat tanpa membuang-buang waktu.

Agen Penjualan wajib menaati peraturan yang ditetapkan oleh  M-Group dan membuat manifest sebagai tanda terima serta memberikannya kepada petugas M-Group yang malakukan pengambilan kiriman.

JENIS BARANG KIRIMAN

  1. Memastikan Jenis / Komoditi barang yang dikirimkan dengan Pengirim. Jenis / komoditi barang kiriman yang tidak dikategorikan sebagai GENERAL CARGO (barang-barang pada umumnya) wajib ditanyakan dahulu kepada petugas Customer Service . M-Group
  2. Tidak mengirimkan uang tunai, cek / bilyet giro, obat-obatan, perhiasan, surat saham atau surat-surat berharga lainnya yang dapat langsung dicairkan menjadi uang

Untuk menghindari hal-hal yang dapat menghambat dalam proses pengiriman maka M-Group  berhak :

  1. Memeriksa kebenaran isi dari pengiriman baik dokumen maupun barang untuk tujuan International maupun Domestik.
  2. Menimbang atau mengukur kembali berat actual maupun berat volumetric dari pengiriman baik dokumen maupun barang yang dikirim oleh Agen Penjualan untuk tujuan International maupun Domestik.
  3. Menahan untuk tidak memberangkatkan barang jika terjadi kekurangan atau kesalahan data pendukung pengiriman yang diberikan oleh Agen Penjualan untuk tujuan International maupun Domestik.
  4. Mengemas ulang (re-packing) pengiriman apabila dirasa perlu dengan persetujuan dari Agen Penjualan untuk tujuan Internasional maupun Domestik.
  5. Memperoleh Packing List dan Performa Invoice asli dari Agen Penjualan dimana Agen Penjualan menjamin kebenaran isi dari Packing List dan Performa Invoice yang disampaikan kepada M-Group, untuk dilampirkan dalam pengiriman barang untuk tujuan Internasional.
  6. Mendapatkan MSDS (Material Safety Data Sheet) untuk pengiriman barang berbahaya (Dangerous Goods) atau Kimia padat/cair untuk tujuan Internasional.

 HAWB / CONSIGNMENT NOTE

  1. M-Group akan menyediakan Consignment Note berdasarkan permintaan. Setiap bulannya Agen Penjualan wajib melaporkan penggunaan Consignment Note baik yang terjual maupun Void.
  2. Agen penjualan wajib memastikan jumlah minimum lampiran yang ada pada HAWB / Connote adalah 5 lembar ketika diberikan kepada petugas M-Group yang melakukan pengambilan.
  3. Pengiriman barang / dokumen yang lampiran jumlah HAWB / Connotenya kurang dari 5 lembar dapat menyebabkan masalah sampai kepada terjadinya kegagalan didalam melakukan pengiriman kepada tempat tujuan.
  4. Penulisan pada HAWB / Connote harus diisi dengan lengkap, jelas dan rapi termasuk kode pos, nama kota, contact person. Petugas dari Agen Penjualan wajib memastikan dan meminta nomor telephone dari Pengirim / Shipper dan Penerima / Consignee di tempat tujuan yang dapat dihubungi. Jika alamat tujuan yang diberikan berupa PO BOX maka wajib dicantumkan nomor telepon Penerima yang dapat dihubungi. Jika tidak dilengkapi dengan nomor telepon Penerima maka pengiriman barang / dokumen tersebut tidak dapat dilakukan. Tata cara pengisian HAWB / Connote dapat dilihat kembali pada USER GUIDE M-Group
  5. HAWB / Consignment Note dapat dimintakan kembali kepada Customer Service M-Group apabila persediaan di Agen Penjualan mulai tidak mencukupi.
  6. Ketentuan lainnya dan kewajiban M-Group dapat dibaca dibalik HAWB / Connote.

COMMERCIAL INVOICE

  1. Kiriman berupa barang wajib dilengkapi dengan Commercial Invoice. Agen Penjualan wajib memastikan jumlah minimum lampiran yang ada pada Invoice adalah 3 lembar ketika diberikan kepada petugas M-Group  yang melakukan pengambilan.
  2. Tata cara pengisian Commercial Invoice dapat dilihat kembali pada USER GUIDE M-Group
  3. Form Commercial Invoice dapat dimintakan kembali kepada Customer Service M-Group apabila persediaan di Agen Penjualan mulai tidak mencukupi. Perhatikan dengan seksama penulisan data isian pada connote dan commercial invoice untuk menghindari kurang tagih yang akan mengakibatkan kerugian pada Agen Penjualan. Tata cara pencatatan dan perhitungan volumetric berat barang dapat dilihat kembali pada USER GUIDE M-Group .

PACKAGING

  1. Kiriman dokumen dan barang-barang kecil harus dipastikan dikemas didalam satchel M-Group . Box-box dan kiriman besar wajib diamankan dengan strap agar dapat tiba di tujuan dengan aman. Satchel M-Group dapat dimintakan kembali kepada Customer Service M-Group apabila persediaan di Agen Penjualan mulai tidak mencukupi.
  2. Melakukan penimbangan dan pengukuran volume barang kiriman sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh M-Group.

JADWAL PENGAMBILAN BARANG

  1. Petugas M-Group akan melakukan pengambilan barang kiriman dari Agen Penjualan setiap pukul 15.00 WIB pada hari Senin – Jumat dan pukul 11.00 pada hari Sabtu. Manifest barang wajib telah selesai disiapkan 30 menit sebelum petugas M-Group tiba di tempat Agen Penjualan.
  2. Permintaan waktu pengambilan secara khusus di luar waktu yang telah ditentukan diatas dapat dimintakan dan dikoordinasikan dengan Customer Service M-Group.

 JADWAL CLEARANCE BARANG VIA SMU

Petugas M-Group akan melakukan proses pengeluaran dari SMU domestic yang berasal dari Agen Penjualan di Domestik setiap malam pukul 22.00 WIB pada hari Senin – Jumat dan MInggu. SMU dan Manifest barang wajib diberikan 60 menit sebelum keberangkatan pesawat domestik ke Jakarta kepada petugas M-Group via email maupun via Facsimile.

Permintaan waktu pengeluaran barang secara khusus diluar waktu yang telah ditentukan di atas wajib dibicarakan dengan Managemen M-Group Jakarta terlebih dahulu.

CLAIM BARANG KIRIMAN

Claim kepada M-Group bisa dilakukan jika barang atau dokumen kiriman hilang atau rusak yang mengakibatkan kerugian material langsung selama kiriman masih dalam pengawasan M-Group. Besarnya claim adalah sesuai dengan yang tertera di lembar belakang Consignment Note M-Group . Claim tersebut harus diesertakan dengan bukti  berupa foto resmi yang diambil pada saat barang tersebut diterima.  Berita Acara  harus dibuat oleh Penerima yang telah dikonfirmasi oleh Agen Penjualan.  Surat Claim bisa diajukan terlebih dahulu via amail atau fax ataupun via telepon agar langsung bisa diproses.

 

 

 

Tagged With:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook
Twitter