Loading...
  1. Jenis – Jenis Barang  Pindahan  (MOVER) :
    • Pindahan Barang Pribadi (Personal Effect) Kode PEF :
  1. Jasa pindahan barang untuk pelajar / mahasiswa/i yang akan melanjutkan studi  ke luar negeri maupun di dalam negeri.
  2. Jasa pindahan barang untuk karyawan yang akan melaksanakan dinas di ke luar  negeri maupun di dalam negeri.
  3. Jasa pengiriman barang TKI / Umrah / Tour & Travel
  • Pindahan Rumah (House Moving Service) Kode HMS :
  1. Jasa pindahan perabotan rumah tangga
  2. Pemindahan isi rumah, penataan lay out, pengepakan dan penataan kembali di tempat tujuan.
  • Pindahan Apartemen (Apartment Moving Service) Kode APM :
  1. Jasa pindahan perabotan apartemen
  2. Pemindahan isi apartemen, penataan lay out, pengepakan dan penataan    kembali di tempat tujuan.
  • Pindahan Kantor / Ruko / Gudang / Pabrik (Relocation Service) Kode RLO :
  1. Jasa pindahan kantor / ruko / gudang / pabrik
  2. Pemindahan peralatan dan perlengkapan
  • Pindahan Kendaraan Bermotor (Vehicle Moving Service) Kode VMS :
  1. Jasa pengiriman mobil / motor
  2. Pemindahan kendaraan dan perlengkapan
    • Pindahan Barang Special Product (Special Product Moving) Kode SPM :
  3. IT product
  4. Medical product
  5. Spare parts product
  6. Fashion / Toys product

1.7   Pindahan Barang Retail (Consumer Goods) Kode COG :

  1. Jasa pindahan barang kebutuhan rumah tangga
  2. Makanan / minuman / yang tidak mudah rusak

   1.8   Pindahan Barang Mudah Rusak (Perishable Goods) Kode PER :

  1. Sayur – sayuran
  2. Buah – buahan
  3. Daging / Seafood

   1.9   Pindahan Barang Pameran (Exhibition Moving) Kode EXB :

  1. Jasa pindahan barang pameran
  2. Barang-barang pertunjukan
  3. Seminar

 1.10.  Pindahan Barang Barang Berat (Heavy Equipment) Kode HEV :

Jasa pindahan khusus untuk barang berat / project  

 2. Proses Penanganan Barang Pindahan

  1. Penerimaan Order   
  • Pemilik barang / pihak M-Group menghubungi untuk melakukan survey atas barang pindahan.
  • Pihak M-Group melakukan konfirmasi kepada pemilik barang mengenai jadwal survey.
  1.   Survey Barang
  • Survey barang dilakukan oleh staff M-Group dapat disaksikan oleh pemilik barang wakil / kuasa pemilik barang meliputi :
  1. Survey kondisi barang dan ruangan di lokasi semula (denah dibuat oleh staff M-Group)
  2. Pemotretan lay out awal sebelum barang dipindahkan
  3. Diskusi dengan pemilik barang mengenai lay out di lokasi baru
  4. Membuat denah oleh staff M-Group untuk penempatan barang di

lokasi baru (LT.I atau II dst ) dan disetujui oleh pemilik barang.

  • Setelah melakukan survey, pihak M-Group melaporkan hasil survey kepada pemilik barang / wakil / kuasa barang meliputi :
  1. Kondisi barang perlu dijelaskan apabila ada yang sudah rusak, tergores, pecah maupun retak
  2. Barang-barang yang memerlukan penanganan khusus seperti, kaca, computer, ac, tv, kulkas, pecah belah agar dipisah form laporannya
  3. Barang-barang perabotan berharga seperti kristal, guci antik, porselen antik, hiasan ataupun lukisan antik disarankan untuk diasurasikantermasuk perhiasan permata,emas,perak dan berlian
  4. Apabila pemilik barang tidak ingin dbarangnya untuk diasuransi harapmengisi form surat pernyataan kepada M- Group dan sesuai ketentuan yang berlaku jika terjadi sesuatu hal akibat kelalaian pihak M- Group hanya mengganti maksimal 2 kali biaya pengiriman.
  1. Pengepakan
  • Pengepakan dilakukan oleh staff M-Group sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.
  • Pengepakan sebaiknya dilakukan dilokasi, sehingga dapat disaksikan langsung oleh pemilik barang.
  • Proses Operasional diawali dengan Penerimaan barang dari pemilik barang / pihak pengirim dengan mengisi daftar penerimaan barang dari konsumen (Lampiran 1).
  • Setelah menerima barang maka akan dilakukan pengepakan yang akan dipandu dengan check list operasional (lampiran 2) dengan memberi centang pada proses yang sudah dilakukan.
  • Pengepakan dilakukan sesuai dengan petunjuk cara pengepakan perusahaan (Lampiran 3), art of packing (Lampiran 3), sesuai dengan petunjuk training perusahaan.
  • Labelling dilakukan dengan pemberian label pertama pada setiap kardus yang mencantumkan no, jenis barang, berat barang, sifat barang dan cara penanganan. Label Kedua adalah label warna untuk membedakan setiap departemen pada saat pengangkutan untuk pindah tempat usaha/kantor atau untuk membedakan ruang pada saat pindah rumah (Lampiran 4).
  • Disusun sesuai dengan cara penanganan dan disesuaikan dengan volume boks truk.
  • Setelah proses di atas, maka barang-barang tersebut akan diangkut ke lokasi tujuan. Supir truk perusahaan M-Group membawa surat jalan yang ditulis oleh perusahaan(Lampiran 5)

4.Pengiriman   

  • Pengiriman dapat menggunakan moda transportasi yang disediakan yaitu armada M-Group atau armada milik Rekanan maupun moda transportasi lainnya seperti Kereta Api, Kapal Laut, Pesawat Udara.
  • Pengiriman dilakukan dengan penanganan yang profesional dan staff-staff terlatih hingga penempatan ditempat tujuan.

SISTEM INFORMASI :

  • Cutomer memberitahukan M-Group via telp/email/fax/sms/YM untuk melakukan survey dilokasi.
  • M-Group wajib melaksanakan survey paling lambat 1 hari sesudah pemberitahuan diberikan oleh Customer.
  • Setelah melakukan Survey dilokasi M-Group memberikan penawaran harga/estimasi barang/harga Asuransi dan Moda Angkutan kepada CUSTOMER.Dan M-Group memberikan Penawaran Harga kepada Customer .
  • Setelah terjadi kesepakatan pelaksanaan kerja, Customer mengeluarkan Instruksi Kerja kepada M-Goup untuk pelaksanaan hari/tanggal Via telp/email/fax/sms .

Sistem Booking Via Sea Freight

  • M-Group mengeluarkan Instruksi Pelayaran dan Surat Stuffing barang ke palayaran.Setelah document dikirim via fax/email ke Pihak pelayaran maka Document akan di Endorsment ke Kantor Pelayaran
  • Setelah Endorsment dilakukan maka Container akan ditarik oleh trailer rekanan M-Mover dari pelabuhan ke site.
  • M-Group akan mejadwalkan tiba disite hari/jam/tanggal setelah berkoordinasi dengan Customer.

Setelah Pemuatan barang dilakukan,maka M-Mover akan memberitahukan pihak Asuransi untuk schedule Kapal/Harga/quantity/No container/Seal.

Sistem Booking Via INLAND TRUCKING

M-Group akan memberitahu ke Customer bahwa barang-barang akan dilaksanakan Via darat dan Customer wajib memberitahukan ukuran/jumlah barang/alamat pengambilan barang /alamat pengantaran ditujuan jika barang tidak dapat disurvey karena lokasi survey diluar kota/diluar jangkauan M-Mover

Sistem Booking Via AIRFREIGHT

M-Group akan membuka SMU (AWB) Airline dan memberikan info kepada Customer schedule Pesawat dan jam tiba,untuk port to door M-Mover menggunakan jasa pihak ke Tiga atau sesuai dengan arahan dari Atasan

Sistem Booking Via SEAFREIGHT

M-GROUP update info dari rekanan pelayaran untuk mengetahui schedule kapal,closing time dan setelah customer menyetujui maka M-Group akan mengeluarkan Shipping Instructie dan Stuffing ke Pihak Pelayaran.Pelayaran yang ditunjuk M-Group adala pelayaran yang mempunyai armada dan tujuan yang dikehendaki oleh customer.

Tagged With:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook
Twitter